Tutorial Design 3 Dimensi, Mudah, Cepat, Gratis dengan TinkerCAD

Glorius

Halo! selamat datang di Tutorial membuat Gantungan Kunci dengan 3D Design Software dan 3D Printer. desain yang dibuat kali ini adalah gantungan kunci dengan tulisan timbul yang kamu bisa setting sesuai dengan keinginanmu.

Untuk melengkapi tutorial ini akan ada video step by step yang bisa kamu gunakan untuk menjadi panduan kamu untuk memulai design dengan 3D Software. Video bisa dilihat di bawah ini:

Apa itu TinkerCAD

kita akan menggunakan suatu program bernama TinkerCAD. TinkerCAD adalah aplikasi design 3D yang dibuat oleh Autodesk, perusahaan yang handal dalam membuat software design 3D.

bagi kamu yang masih belum pernah sama sekali menggunakan software desain 3D, tenang aja, TinkerCAD ini diperuntukkan memang buat kamu kamu, jadi penggunaan fitur di aplikasi tersebut sangat mudah dan cepat dipahami. selain itu Tridiku akan memandu kamu secara step by step lengkap agar kamu bisa design 3D sederhana.

Tridiku memilih TinkerCAD dari software desain 3D pemula untuk membuat Tutorial ini karena 4 alasan:

  • MUDAH, seperti yang sudah disebutkan tadi, mudah digunakan. perandaiannya untuk dunia design grafis kaya kamu pakai Canva, kebanyakan fiturnya hanya drag, drop, resize, rotate saja
  • BROWSER-BASED, jadi kamu ga harus download dan install aplikasinya. tinggal buka websitenya, sign up, sign in, mulai desain
  • GRATIS. TinkerCAD itu gratis, ga pake bayar bayar, kini dan sampai bertahun tahun kedepan. jadi kamu yang suka cicip cicip gratis dulu (kayak author), pas banget lah.
  • 3D PRINTER COMPATIBLE. tidak semua design yang keluar dari 3D design software itu bisa di 3D Print, oleh karena itu TinkerCAD mempunyai keuggulan karena apa yang keluar dari TinkerCAD pada umumnya sudah cocok untuk di 3D Print.

untuk system requirements Autodesk sebagai pengembang TinkerCAD menyarankan hardware dan software dengan spesifikasi:

Operating System
Windows : Windows 7 dan diatasnya
Appel OS : Apple OS X 10.6 dan diatasnya
Google Chrome OS on Chrome Book

Browser :
Google Chrome 10 atau yang lebih baru
Mozzila FireFox 4 atau yang lebih baru

RAM :
8 Gb atau lebih

Processor:
Intel Core i5 atau diatasnya

Tambahan:
pastiin WebGL kamu nyala di browser, WebGL adalah API Java Script yang memungkinkan kamu untuk render 3D dengan browser tanpa ada Plug Ins tambahan.

pusing? tenang aja. kalau kamu beli laptop / pc baru dalam kurun waktu 3 tahun terakhir kemungkinan besar system requirementnya sudah terpenuhi. atau sekalipun laptop kamu agak jadul, desain 3D menggunakan TinkerCAD masih bisa kok, tapi mungkin tidak akan senyaman kalau system requirementnya terpenuhi.

oke kita udah bahas tentang apa yang mau kita buat, apa itu TinkerCAD, kenapa pakai TinkerCAD, dan system requirement yang kamu butuhkan untuk memulai design dengan TinkerCAD, nah mari kita menyelam lebih dalam masuk ke dunia design 3D dengan memulai langkah langkah yang kamu harus lakukan untuk memulai perjalanan design 3D mu.

Langkah – langkah Desain 3 Dimensi Gantungan Kunci

Langkah 1 – Sign Up

kamu harus Sign Up atau mendaftar untuk bisa menggunakan TinkerCAD, pertama tama, ketik “tinkercad.com” di address field kamu

tampilan pertama yang kamu akan lihat adalah seperti ini

tekan join now untuk masuk ke laman pendaftaran, pilih kamu ingin mendaftar dengan email, dengan Google, atau dengan Apple

setelah tombol join now, kamu akan diminta untuk mengisikan asal negara dan tanggal lahirmu

setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan email dan password yang kamu mau

Langkah 2 – Mengenal Fitur Dasar TinkerCAD

setelah kamu login, tampilan pertama dari dashboard designmu adalah seperti ini, klik tombol create new design

akhirnya kamu sampai ke tahap memulai design 3d, ini adalah tampilan deign pagemu

Langkah 3 – Membuat Gantungan Kunci

ikutilah langkah langkah pada gambar dibawah ini.

Konklusi

jadi itulah Tutorial Design gantungan kunci 3D menggunakan TinkerCAD. seperti yang sudah dijelaskan, menggunakan TinkerCAD mudah, dan cepat kan? TinkerCAD juga memiliki potensi untuk mendesign benda kompleks lho, jadi kalau kamu serius mau belajar design 3D sampai 1 bulan kedepan kamu masih bisa pakai TinkerCAD, lalu nanti saat sudah mulai mahir kamu bisa beralih ke software design 3D yang lebih kompleks, yang pastinya memberikan fitur yang lebih mantap pula.

sekian blog kali ini apabila ada kesulitan dalam design 3D monggo hubungi kami lewat
email : mandiriteknologibangsa@gmail.com
WA : 0813-8431-3353
IG : @tridiku_3d

dan Tridiku pasti akan bantu semampu kami, akhir kata, semoga Tutorial ini bermanfaat ya! semoga juga kamu dan keluarga tetap sehat dan selamat ditengah kondisi ini, cheerio!

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

This Post Has One Comment

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!