Self Healing 3D Printed Material is what you need in Soft Robotics

Soft Robots, robot lunak yang dapat bekerja seperti bagian tubuh manusia

Self Healing Material membuka jalan baru untuk dunia robotika dengan memungkinkan terciptanya Soft Robot.

Penggabungan antara 3 teknologi ini memberikan penggunaan robot dalam jangka waktu yang lebih lama dibanding robot biasa.

Introduction

3D Print berharga karena kemampuannya untuk diaplikasikan pada berbagai macam inovasi ataupun industri.

Salah satu pengembangan yang bisa dilakukan adalah dengan menggabungkan Ilmu Robotika, Material maju, dan 3D Print dan terciptalah : Self Healing 3D Printed Soft Robot.

Why Self Healing Material in Soft Robots?

Soft Robot ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan robot biasa pada aplikasi di medan yang berbahaya dan tidak terduga karena kombinasi bentuk yang unik, dan material yang memiliki sifat Self Healing atau dapat kembali ke kondisi awal apabila mengalami kerusakan (tusukan, tebasan, terpotong potong).

Pada tahun 2018 lalu, muncul sebuah riset dari Universitas Brussel yang menggabungkan antara metode manufaktur 3d print dengan material self healing ini.

What This Means?

Dalam riset, terbukti bahwa pembuatan Filament 3D printer dengan bahan dasar SHDA (Self Healing Diels Alder Polymer Network) salah satu jenis dari Self Healing Material dapat untuk dilakukan.

Dalam riset yang sama pula terbukti bahwa filamen hasil extrusi dari SHDA ini sendiri dapat digunakan pada 3D Printer FDM (seperti Ender atau Prusa).

What Self Healing Material bring to the World

Keuntungan yang didapat dengan menggunakan Self Healing material ini pada FDM 3D Printer adalah layer mark atau perbatasan antar layer yang biasanya ada pada hasil cetak dengan FDM dapat dihilangkan karena layer dari hasil cetak menggunakan SHDA ini akan menyatu dengan sendirinya dengan layer diatas dan dibawahnya.

Hasil cetak pun menjadi Air Tight (kedap udara) dan menghilangkan resiko kontaminasi bakteri pada objek hasil cetak yang digunakan untuk keperluan medis.

contoh layer mark, rawan kontaminasi bakteri

Conclusion

Selain penggunaan untuk Soft Robots, Teknologi ini mulai dilirik sebagai solusi untuk beberapa masalah seperti casing Hand Phone yang dapat kembali seperti semula setelah terkena goresan,

Target lapangan tembak yang dapat kembali seperti semula setelah digunakan dan masih banyak lagi. Tentunya dengan 3d print akan lebih banyak lagi bentuk yang dapat dibuat sehingga aplikasi teknologi ini semakin luas.

Ingin lebih tahu tentang dunia 3d printing? follow Tridiku di Instagram dan tunggu tiap hari jam 6 sore untuk mendapatkan info terbaru, terunik, dan terbaik. sekian dari Tridiku, cheerio!

Source

Roels, E. (2018). Additive manufacturing of self-healing polymers for soft robotics applications. The Brussels Faculty of Engineering: Brussel.

GE Reports’s Youtube Video – “Self Healing 3D Printed Gel” – https://www.youtube.com/watch?v=bsVBPgHcTaQ

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!