Print the Barrier Reef!

MARS (source)

It’s time to Dive Deep! see how MARS can save our ocean!

Introduction

Sebuah design lab berusaha menyelamatkan terumbu karang dunia dari Bleaching dengan 3D Printing.

Bleaching yang terjadi sebagai efek dari peningkatan temperatur lautan sangat buruk dampaknya bagi kehidupan biota laut di seluruh dunia.

Ini dikarenakan Bleaching menghancurkan terumbu karang tempat banyak biota laut tinggal.

Ahli Biologi kelautan di seluruh dunia berusaha untuk menanggulangi permasalahan ini dengan berbagai macam cara.

Salah satu dari usaha tersebut adalah 3D Printed MARS (Modular Artificial Reef Structure) oleh Reef Design Lab, sebuah project yang bertujuan untuk membuat tempat untuk membiakkan terumbu karang pada lautan dekat bibir pantai.

Bagaimana cara MARS menyelamatkan ekosistem laut? Yuk dibaca sampai habis! Cekidot.

What is MARS?

MARS adalah suatu struktur bawah laut yang dibuat dengan mengkombinasikan 3D Printing dengan teknik pembuatan keramik slip casting.

teknik slip casting (source)
proses 3D Printer modul MARS

3D Print cocok untuk digunakan karena pada teknologi slip casting terbentuknya padatan keramik yang menempel dalam cetakan terjadi karena air dari campuran keramik diserap oleh dinding bagian dalam dari cetakan itu sendiri.

Bahan hasil 3d printing yang digunakan memiliki sifat menyerap air.

Struktur MARS sendiri bekerja mengembalikan terumbu karang dengan cara menjadi tempat menempelnya terumbu karang muda dari tempat yang terkena musibah Bleaching (matinya terumbu karang karena stress yang disebabkan oleh polusi dan perubahan temperatur laut yang drastis).

Geometri kompleks yang dapat dibuat dengan 3d print memberikan tempat pijakan terumbu karang yang lebih baik dibanding alternatif lain seperti batang atau kawat baja.

Setelah beberapa bulan MARS terbukti sebagai habitat restorasi terumbu karang yang baik, terbukti dari mulai merambatnya terumbu karang yang mengubah warna permukaan dari MARS dari putih menjadi berwarna.

Selain dari segi tempat menempel yang lebih baik, MARS sendiri di desain ringan dalam bentuk modular, sehingga dapat diangkut tanpa memerlukan peralatan berat dan dapat di assembly menggunakan tenaga manusia saja.

MARS di pantai, sebelum diangkut dan di assembly di laut
Habitat restorasi konvensional mengguakan baja, terumbu karang sulit menempel

Conclusion

Ingin lebih tahu tentang kabar terkini di dunia 3d printing? follow @tridiku_3d dan pantengin terus setiap jam 6 sore ya! Sekian dari tridiku, cheerio!

Source

reefdesignlab.com

“MARS (modular artificial reef structure) designed by Alex Goad.” – https://www.youtube.com/watch?v=BMCfiLnncg8 – Youtube Channel : Alex Goad / Reef Design Lab

“3D Printing Supports Growth of Coral Reef Ecosystem in the Maldives” – https://all3dp.com/4/3d-printing-implanting-coral-reefs-maldives/ – All3DP, Hanna Watkin

instagram.com/alexgoad

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!