Apa itu 3D Printing? sekali baca Langsung Paham!

Time Lapse 3D Print FDM,  (gfycat.com)

Halo! Selamat datang di Tridiku.com. kali ini Tridiku akan menjelaskan definisi dan analogi dari 3D Printing, agar kamu yang baru pertama kali dengar tentang 3D Printing bisa paham dan siap untuk menerima ilmu selanjutnya tentang 3D Printing.

3D Printing is on the rise, that is true. Dunia yang berkembang cepat ini membutuhkan teknologi yang dapat melaksanakan fungsi prototyping dengan cepat.

Tanpa basa basi lagi, langsung saja cekidot!

Apa itu 3D Printing?

Secara mudah 3D Printing atau Additive Manufacturing adalah suatu proses Manufaktur dimana objek yang dibuat dibentuk dengan sistem Adisi atau penambahan, berkebalikan dengan Conventional Manufacturing.

How FDM 3D Printing works, (PV Print Lab)

Gambar berikut akan menjelaskan apa itu Additive Manufacturing dan apa perbedaannya dengan Conventional Manufacturing.

Additive Manufacturing vs. Conventional Manufacturing

Berikut akan ditampilkan tabel perbandingan antara Additive Manufacturing dan Conventional Manufacturing:

PerbedaanAdditive ManufacturingConvetional Manufacturing
PrinsipPenambahan Material sedikit demi sedikit dari 0, sampai bentuk dan ukuran sesuai dengan yang diinginkanPengurangan material besar sampai mencapai bentuk dan ukuran sesuai dengan benda yang diinginkan
MaterialMenggunakan Material dengan Efisien, tidak ada atau sedikit sekali material terbuangMembutuhkan material awal yang banyak, selama proses banyak material yang terbuang
Initial Cost (Biaya Awal)Lebih rendahLebih tinggi
Operational Cost (biaya operasional)Tidak banyak berubahSemakin murah semakin banyak benda yang dibuat
KegunaanCocok untuk produksi benda dengan jumlah antara 1 – 10.000 unitCocok untuk produksi benda dengan jumlah diatas 100.000 unit
Perbandingan Antara Conventional Manufacturing dan Additive Manfuacturing

Sesuai dengan apa yang ada di tabel, Additive Manufacturing memiliki keuntungan dibanding Conventional Manufacturing karena:

  • Additive Manufacturing lebih efisien dalam menggunakan bahan baku, sehingga bahan baku yang diperlukan untuk membuat suatu benda akan hampir sama dengan ukuran benda tersebut. Tidak ada atau sedikit sekali bahan baku yang terbuang.
  • Additive Manufacturing sangat cocok untuk penggunaan dimana perubahan Desain terjadi dengan cepat, karena waktu yang diperlukan untuk membuat suatu benda dengan desain baru sangat cepat. Itulah mengapa Additive Manufacturing ini dibilang memiliki sifat Rapid Prototyping.

Conventional Manufacturing cocok digunakan untuk produksi secara massal.

Analogi Biar Tambah Paham

Agar lebih mudah dimengerti, mari andaikan Conventional Manufacturing seperti seorang seniman memahat wajah pada sabun. Proses dimulai dengan sabun yang besar.

Pertama tama seniman akan membentuk kontur wajah yang dibayangkannya.

Kemudian masuk ke mata, hidung, alis, mulut, bibir, dan ke detail detail wajah lain sehingga semakin ketara bentukan waja di permukaan sabun. semakin dipahat, sabun semakin kecil.

Bentuk akhir dari pahatan sabun di pikiran sang seniman semakin jelas pada hasil pahatan. seiring sang seniman memahat pasti semakin banyak sabun yang terbuang.

Analogi Conventional Manufacturing, ada sisa dari hasil pahatan (source)

Sedangkan Additive Manufacturing dapat dianalogikan seperti seniman yang lain melukis pemandangan di pegunungan pada kanvas.

Lapis pertama yang dibuat pasti merupakan latar dari lukisan tersebut, yaitu latar langit biru. Lalu seniman kembali menorehkan kuasnya dan untuk membuat gunung hijau dengan pepohonannya, danau, pemancing di pinggirnya, serta anak dari pemancing tersebut.

Lukisan tersebut berjalan secara lapis per lapis, satu tahap ke tahap berikutnya, tanpa ada cat yang terbuang. Proses menambahkan cat secara berkala sehingga tercipta lukisan inilah bisa diandaikan sebagai Additive Manufacturing.

Bedanya adalah Additive Manufacturing bisa buat lukisan tersebut dalam waktu hanya beberapa jam.

Analogi dari Additive Manufacturing, membuat apa yang diinginkan lapis per lapis (source)

Additive Manufacturing sudah digunakan secara luas dalam dunia Industri konvensional dan Industri kreatif untuk membuat Prototype atau produk jadi.

Prototype yang dibuat bisa merupakan autoparts dari mobil, motor, kapal yang sedang tahap pembaharuan, sedangkan produk jadinya bisa berupa maket bangunan, maket mesin, miniatur patung, miniatur tubuh manusia, gantungan kunci, lampu tidur, part untuk mobil mini atau mini 4WD, part untuk alat audio speaker, vas bunga, lampu tidur, vandel acara dan masih banyak lagi.

View this post on Instagram

A team of researchers from the @university.of.maine revealed the largest #3Dprinted part in the world. #GoUMaine⠀ //⠀ It is a #boat, the #3Dirigo, designed on a large-format polymer #3Dprinter developed by the UMaine Advanced Structures and Composites Center. The piece is 7.62 meters long and weighs 2.2 tons!⠀ The project teams were awarded 3 World Records:⠀ 🚀 the largest 3D printed solid part,⠀ 🛳️ the largest 3D printed boat, and⠀ 🖨️ the largest 3D printer.⠀ This is a promising initiative for the maritime sector, which takes advantage of the benefits of #additivemanufacturing.⠀ //⠀ More and more additive manufacturers are turning to large-format #3Dprinting, hoping to create large structures in one go and avoid assembly or post-processing steps that are expensive and time-consuming. The University of Maine is, therefore, joining this trend, with an emphasis on the use of composite materials. ⠀ //⠀ Last May, its partner the Oak Ridge National Laboratory (ORNL) received $20 million to develop a large-format additive manufacturing program based on 3D printing materials that contained #woodfiber. The 3D printing of the boat is, therefore, a significant step forward in this government-supported project.,⠀ //⠀ #3DPrintedBoat: The #Manufacturing Process⠀ The UMaine teams worked with Ingersoll Machine Tools to develop their 3D printer, it presents a printing volume of 30 x 6.70 x 3 meters (length, width, and height) and a speed of 227 kilos per hour. The #printhead is fixed on a gantry mounted on rails, making it easier to move along the length. As of today, the manufacturer is not offering a wide range of compatible #materials, however, the #machine was designed to use #rawmaterials of biological origin, in particular, #cellulose from wood. Apparently, the 3D printer was designed for #rapidprototyping applications for civil, defense and #infrastructure applications.⠀ //⠀ Check link for magazine in biography.

A post shared by Worcon (@worconofficial) on

“wah, apa bener aku bisa mengoperasikan 3D Printer? Aku kan ga pernah belajar desain 3d, bukan orang teknik juga. Apa mesinnya ga mahal harganya?”

Tenang aja kawan, karena:

Mesin 3D Printer saat ini sudah mencapai tahap kematangan yang cukup sehingga harganya sudah terjangkau, bahkan beberapa merk 3D Printer menyediakan jasa perakitan juga, sehingga kamu bisa tinggal pakai saja dirumah (walaupun disarankan kalau kamu ingin lebih paham sih belajar ngerakitnya juga. Disini kamu bakal lebih paham mesin yang kamu miliki. Saat ini juga materi online yang bisa kamu pelajari untuk dapat lebih dalam memahami dunia 3D Printing sangat banyak dan bagus. (kamu bisa memulai dengan search di google “belajar 3D Printing” atau “Learn 3D Printing”, artikelnya bagus bagus)

Tridiku.com siap membantu menjelaskan tentang dunia 3D Printer ke kamu lewat artikel artikel kami. Tidak suka membaca? Kami siap angkat telpon kantor kami dan menjawab pertanyaan yang kamu miliki. GRATIS.

Jadi itu adalah artikel tentang definisi 3D Printing, Tridiku berharap artikel ini berguna serta dapat menambah pengetahuan dan rasa ingin tahu kamu tentang dunia 3D Printing, akhir kata, tetap sahat, tetap sejahtera! Cheerio!

Silahkan hubungi kami di

Email : mandiriteknologibangsa@gmail.com

Instagram : instagram.com/tridiku_3d

Apabila ada pertanyaan mengenai 3D Printing.

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

This Post Has One Comment

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!