Langkah Memulai Bisnis 3D Printing. Mulai aja dulu!

Maket yang dibuat dengan 3D Printing (dokumentasi pribadi)

start making your millions now, it is not rocket science!

Halo! selamat datang di Tridiku.com. di Artikel sebelumnya sudah dijelaskan masalah perhitungan keuangan dari bisnis 3D Print dari salah satu proyek yang pernah dilaksanakan oleh Tridiku, nah sekarang kita akan mencoba untuk merunut langkah – langkah untuk bisa melakukan bisnis seperti contoh di inti Artikel pertama.

Langkah – langkah ini adalah yang dilaksanakan Tridiku dari pertama kali ada dan kalau dilakukan dengan benar seharusnya bisa mendatangkan penghasilan yang sama atau lebih besar lagi.

Satu hal yang harus ditekankan sebelum membaca lebih lanjut adalah, untuk mencapai tingkat pendapatan yang tinggi dalam berbisnis, banyak hal yang harus dilakukan. Mulai dari segi persiapan alat bahan dan manuver bisnis.

Berikut adalah langkah langkah yang kamu bisa lakukan untuk memulai bisnismu.

Langkah 1 : Pastikan Semua Peralatanmu Siap

Ini jelas banget tapi, terkadang orang sering lupa kalau tidak ada benda – benda ini ya bisnis kamu ga jalan dong.

Mulailah dengan memastikan semua hal dibawah ini ada dan tidak rusak, serta siap dipakai untuk berbisnis.

3D Printer

Uji kesiapan 3D Printermu dengan print test cube atau 3D Benchy. Kalau hasilnya sudah mulus berarti 3D Printermu sudah siap.

Pastikan sebelum kamu memulai berbisnis bahwa permesinan, bangun rangka, software dari mesin sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan standar mutu yang diinginkan. mulai dengan 1 unit 3D Printer saja sudah cukup.

Tridiku Argonaut, salah satu 3D Printer FDM dengan fitur yang lengkap (Promosi dikit boleh lah :)) , dokumentasi pribadi
3D Benchy, Torture Test :). (3dbenchy.com)

Bahan Baku 3D Printer

Untuk pemula disarankan menggunakan PLA atau PLA+, bisa dibeli di toko online favorit kamu. Untuk permulaan kamu butuh 3 roll.

Ada beberapa hal yang kamu HARUS ingat saat menyimpan Roll material untuk 3D Printer yaitu:

PASTIKAN kamu menyimpan bahan baku 3D Printer kamu ditempat yang kering dan tertutup. Iklim yang basah dapat membuat butir butir air masuk ke pori pori dari bahan baku. Ini sangat berakibat buruk pada hasil print. Kualitas, tampak hasil print setelah proses selesai bisa rusak, sehingga permukaannya kasar.

Perbandingan hasil print dengan filament dry (kering) dengan wet (basah). Terlihat perbedaan jelas (matterhackers.com/news/filament-and-water)

JANGAN MEMBUKA plastik pembungkus filament sampai kamu benar benar mau menggunakannya.

Plastik pembungkus filament ini penting karena dia bisa melindungi filament dari dua musuh utama filamen : air, dan debu. Debu juga bisa menyebabkan efek buruk pada hasil print.

Debu yang menumpuk dapat menyebabkan mampet pada bagian nozzle dari 3D Printer kamu. Nozzle mampet bisa jadi masalah besar kalau kamu lupa tidak segera menyadarinya, karena punya potensi untuk merusak 3D Printer kamu secara keseluruhan.

Komputer

sebaiknya dengan RAM 4 GB keatas, dengan software desain disarankan Autodesk Inventor dan slicer disarankan Simplify 3D, cara kamu dapetinnya banyak, bisa beli, atau cara lain :’v.

AutoDesk Inventor
Simplify3D

Jaringan Internet

Nggak harus ada WiFi atau modem, pakai personal Hotspot pun bisa, yang penting saat ada orang kontak kamu, kamu siap menjawab.

Jaringan Listrik

kalau belum ada listrik sebaiknya dibayar dulu tokennya ya mas mba :).

Email Bisnis

Ini PENTING ada. Kenapa? Agar apabila ada file dari klien masuk, kamu nggak bingung cari dimana dan nggak kecampur sama file pribadimu.

Kalau ini semua sudah siap kamu bisa masuk ke Langkah kedua yaitu

Langkah 2 : Mulai Latihan Print dan Desain 3D

Awal kamu membuka bisnis ini belum tentu order akan masuk dengan sendirinya, oleh karena itu maka kamu harus mulai dengan PRINT apa yang kamu mau atau butuhkan.

Hal hal pertama yang kamu bisa print adalah upgrade atau pengembangan dari 3D Printer yang kamu miliki. Ini adalah kehebatan dari teknologi 3D Printing dimana tambahan atau upgrade dari mesinmu bisa dibuat dengan menggunakan mesinmu, jadi ga perlu beli lagi. Berikut adalah contoh – contohnya:

Petsfang Fan Duct, cocok untuk berbagai jenis 3D Printer (thingiverse.com / PandinoAssassino)

Hal hal lain yang bisa kamu print adalah dekorasi dari rumahmu, atau gantungan kunci dan mainan untuk anak, it’s all fine!

Kenapa mulai ngeprint adalah langkah pertama setelah kamu memastikan semua benda dan mesin yang perlu kamu butuh ada? Karena setiap kegiatan, entah itu bisnis, produksi, atau apapun BUTUH LATIHAN dan PEMANASAN.

Setiap benda yang kamu print menambah pengalaman kamu mengoperasikan dan membuat benda dengan 3D Printer. Walaupun sekarang 3D Print sudah sederhana dan tidak memerlukan keahlian yang begitu tinggi, BANYAK LATIHAN itu NGGAK SALAH.

Misalkan sudah ada klien tertarik pakai jasa kamu, tapi kamu belum pernah nge print sama sekali, ada kemungkinan hasil printmu tidak sesuai dengan keinginan klien.

Selain latihan printing, kamu juga harus latihan mendesign 3D. ini skill yang baik untuk dimiliki, karena jasa desain 3D sendiri bisa memberi nilai tambah pada bisnismu.

“Terus apakah kalau belum bisa desain berarti belum bisa bisnis?”

Tidak kawan! You can start now!

Di internet yang luas nan dalam sekarang ini sudah banyak website yang menyediakan desain 3D gratis dan berbayar yang kamu bisa pakai untuk di 3D Print. Website seperti thingiverse.com , grabcad.com menyediakan desain 3D yang berbagai macam, tinggal download lalu print saja.

Selain itu kamu juga bisa terima order dari customer yang sudah memiliki desain 3D (disarankan format file .stl atau .obj). kalau file ini sudah ada, wah indahnya dunia, kamu hanya perlu input data klien ke software slicer, setting slice sesuai kebutuhan, masukin printer 3D, tunggu proses selesai, dan BOOM, print selesai, uang sampai.

Langkah 3 : Terhubung Dengan orang – orang Yang Sudah Punya Bisnis 3D Print

Langkah ini penting karena 3 hal:

  1. Tempat mencari ilmu apabila kebingungan dalam menjalankan mesin atau bisnis 3D Print
  2. Tempat membangun kredibilitas bisnismu, share that you can print too!
  3. Tempat cari klien atau orderan. Terkadang klien menempelkan kebutuhan jasa 3d print di group group facebook atau yang lain. Banyak grup facebook atau whatsapp yang bisa kamu gabungi. You just need to search it.

Langkah 4 : Share Hasil Printmu di Social Media Bisnis. Ini Harus Rutin!

Seperti yang dikatakan Bill Gates

“if your business is not on the internet, then your business will be out of business”

Kamu harus punya tempat untuk berbagi hasil print kamu di internet. Akun yang harus banget kamu punya adalah Google Business, Instagram Business, Whatsapp Business, dan Facebook Business Page.

Buat masing masing dari tipe business dari social media atau messenger yang sudah kamu sering pakai ini nggak susah kok, nggak perlu legalitas atau surat macem macem. Berikut rujukan untuk membuat atau mengubah social mediamu menjadi akun bisnis.

Google Business

Instagram Business Account

Whatsapp Business

Facebook Business Page

Setiap dari Media promosi di Internet ini menarget pasar yang masing masing namun yang pasti adalah SETIAP MEDIA INTERNET MEMASTIKAN KITA ADA DI PASAR. Bagaimana kita bisa berbisnis kalau dilirik orang pun tidak?

Mulailah dengan nge 3D Print beberapa hal yang kamu butuh atau inginkan, lalu share di media promosi businessmu DAN media sosial mu, ini harus.

Seiring bisnis 3D Print kamu berjalan pasti semakin banyak customer yang kontak kamu, namun mungkin suatu saat kamu merasa kamu masih bisa berkembang lebih cepat lagi, nah disaat itulah kita masuk ke langkah ke empat yaitu.

Langkah 5 : Jalin Hubungan dengan Klien Berulang

Kerjasama bukan Kompetisi, adalah key of success

Ini adalah langkah terpenting dari bisnis mu. Setiap klien berulang yang kamu punya akan membawa 2 efek baik yaitu:

  1. Revenue atau pemasukan yang terus menerus
  2. Kredibilitas bisnis sehingga lebih mungkin dilirik oleh klien yang lain

Bangun relasi dengan cara meminta saran dan testimoni setiap klien selesai menggunakan jasa 3D Printmu, perlakukan seperti klien seperti kawan sendiri, dan jangan pelit dalam memberikan promo.

Promo ini sendiri bisa berbentuk diskon di penggunaan selanjutnya, kupon untuk jasa lain, atau gratis print sampai dengan sekian ribu rupiah pada print ke sekian.

Pastikan promo ini cocok dan sesuai dengan profil klien yang kamu punya.

Misalkan klien kamu banyak Mahasiswa Perempuan sedang dekat Sidang Tugas Akhir, memberi promo berupa liburan mungkin ga cocok soalnya mereka sedang sibuk sibuknya, untuk mereka ini misalkan beri promo pengerjaan desain mereka akan di prioritaskan sehingga dapat dikerjakan agak mepet.

Agar langkah langkah ini berjalan dengan baik kamu harus menanamkan hal ini DON’T BE STINGY, and YET, DON’T KILL YOURSELF.

Akhir kata bisnis Jasa 3D Printing sangat cocok untuk dimulai sekarang, tapi layaknya semua bisnis yang sudah ada, kalau memang ingin mendapatkan hasil yang  MAKSIMAL ya usahanya harus MAKSIMAL juga.

Enaknya untuk kamu, Tridiku siap bantuin kamu mencapai hasil maksimal tersebut. Pantengin saja terus Tridiku.com, dijamin ada konten baru yang sama bagusnya seperti artikel ini tiap minggunya.

Jadi itu adalah artikel lengkap tentang langkah langkah kamu bisa dapat jutaan rupiah dalam satu minggu menggunakan 3D Printer. 

Apbila kamu butuh bantuan atau pertanyaan lebih lanjut silahkan langsung kontak ke

Email : mandiriteknologibangsa@gmail.com

Instagram : instagram.com/tridiku_3d

Dijamin akan kami respon dan pandu semampu kami, setiap orang yang membaca artikel ini berhak untuk dapat konsultasi 20 menit entah lewat telpon atau chat dengan kami.

Sekian, semoga kita bisa menjadi mitra bisnis 3D Printi kedepannya. Cheerio!

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

This Post Has One Comment

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!