Kata Siapa 3D Print Cuma Bisa Bikin Benda Kecil Aja? Ini 3 Hasil 3D Print Berukuran Segede Gaban!

Kebanyakan 3D Printer yang kita lihat di explore IG, YouTube, dan Facebook, itu berukuran sebatas meja kerja saja (sekitar 20 cm x 20 cm sampai 25 cm x 25 cm). Objek – objek yang di 3D Print juga biasanya kecil, hanya sebesar telapak tangan biasanya. Padahal, perkembangan teknologi dunia sekarang sudah memungkinkan untuk membuat 3D Print sampai ukuran yang gede banget! Baca lebih lanjut untuk tau 3 hasil 3D Print yang ukurannya segede gaban!

1. Bikin Mobil dari 150 Part Hasil 3D Print!

source: http://mae.ntu.edu.sg/Programmes/CurrentStudents/UG%28Full-Time%29/PDC/NVCars/Pages/NVVIII.aspx

NTU Singapore pada 2015 lalu membuat mobil urbanconcept untuk lomba Shell Eco-marathon Asia dengan bodi mobil yang di-assembly dari 150 part hasil 3D Print! Total waktu yang dibutuhkan untuk membuat mobil ini adalah 1 tahun.

Dilansir dari mae.ntu.edu.sg , mobil ini dirancang dengan tujuan menunjukkan potensi penggunaan teknologi 3D Print di masa depan terutama untuk bidang otomotif, dimana desain mobil disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya dan dibuat dari susunan beberapa part hasil 3D Print kemudian diperkuat dengan carbon fiber composites.

Proses pembuatan body mobil ini membutuhkan waktu 3 bulan, mulai dari meng-3D Print 150 bagian bodynya sampai dengan menyusun serta melapisi dengan macam – macam komposit.

sumber : http://www.hey.ntu.edu.sg/issue21/features_02.html

2.Bikin Wind Turbine dengan 3D Print 13 meter!

Pada tahun 2018 lalu, Sandia National Laboratories berhasil membuat cetakan bilah turbing angin yang berukuran 13 meter menggunakan teknologi 3D Print!

source : https://www.azocleantech.com/news.aspx?newsID=25564

Peneliti di Sandia National Laboratories telah merancang wind turbine yang lebih efisien dari teknologi sekarang selama 40 tahun, untuk mengurangi biaya pemakaian renewable energy. Tantangan dari itu adalah membuat prototype, dimana proses pembuatannya dapat memakan waktu 16 bulan. Menggunakan 3D Print, mereka dapat memotong waktu itu menjadi hanya 3 bulan saha! Sehingga dapat mempercepat proses penelitian dan iterasi untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Cetakan bilah wind tubine hasil 3D Print.
Source : https://www.engineerlive.com/content/am-opportunities-wind-turbine-industry
Bilah wind turbine hasil dari cetakan dengan 3D Print. Shiny!
Source : https://www.engineerlive.com/content/am-opportunities-wind-turbine-industry

Isi emailmu di bawah untuk selalu mendapatkan artikel dari kami dikirim ke emailmu!

3. Bikin Kapal Panjang 7,62 meter dan Berat 2,2 Ton Pakai 3D Print!

University of Maine pada tahun 2019 lalu berhasil membuat kapal dengan panjang 7,62 meter dan berat 2,2 ton fully 3D Printed!

Source: https://www.3dnatives.com/en/3d-printed-boat-university-of-maine-161020195/

Tentunya untuk membuat benda sebesar ini, 3D Printernya juga berukuran ekstra besar, yaitu 30 x 6.70 x 3 meter (panjang, lebar, dan tinggi) dengan kecepatan print sampai 227 kg/jam!

Bikin objek 3D Print besar tentu dengan 3D Printer besar juga! Sumber: University of Maine

Kamu bisa tonton video timelapse saat pembuatan kapal ini di video bawah ini!

Nah, itulah 3 Hasil 3D Print yang Ukurannya Segede Gaban! Kalau kamu ada pertanyaan atau komentar, silahkan sampaikan di kolom komentar di bawah ini. Kamu bisa juga request artikel atau materi untuk kami bahas selanjutnya! Terimakasih telah membaca!

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!