Edukasi Engineering Lebih Asoy pakai 3D Printing!

Ga jaman lagi tidur saking bosennya belajar di kelas!

it doesn’t have to be like this (source)

Intro

Bayangin kamu lagi di dalam kelas. kamu adalah seorang mahasiswa desain atau engineering. Kamu dan temanmu lagi ngobrol tentang bagaimana dosen ini katanya ngebosenin banget. Denger denger dosen ini bisa Genjutsu yang bikin korbannya tertidur.

Ditengah kebisingan kelas, tiba tiba suara langkah kaki terdengar. Pertama pelan, lalu makin lama makin terdengar jelas. Wujud dosen lalu terlihat dibalik pintu ruangan. seorang pria paruh baya dengan kemeja abu abu dimasukkan kedalam celana panjang melangkah masuk dan mengucapkan “selamat pagi”.

Suaranya pelan, hampir tidak sampai ke kupingmu, padahal kamu duduk di barisan tengah kelas. Dosen ini lalu duduk, membuka laptop dan menyolokkannya ke kabel HDMI proyektor.

Power point untuk pertemuan ini dibuka. Slide pertama dari 125 slide yang akan di libas habis di mata kuliah 3 sks itu berjudul

“Tensional Integrity Principal – Definition, Formula, and Application in the Modern World”

Ditulis dengan font hitam background putih. Hanya dari melihat slide itu saja kamu mulai merasa ngantuk, di barisan kursi belakang 5 temanmu sudah tumbang duluan. Masuk ke slide dua, berjudul “Definition” muncul kalimat seperti ini:

well…

*Bruk* kamu pun tidak sanggup menahan ngantuk dan ikut tertidur. 2 jam terlewati dan 123 slide sisa dari Presentasi tersebut nggak kamu dapati sama sekali dikelas, jadi kamu harus belajar ulang di luar kelas biar ujian kamu nilainya nggak D.

What 3D Printing Can do to Tackle This

Apakah masuk kelas harus kayak begini terus? Ya jelas nggak lah, karena sekarang ada 3d printing.

Dosen kamu harusnya tau 3d printed model, biar kelas kamu ga boring terus. Ini adalah contoh benda yang bisa dibuat dengan 3d printing untuk melengkapi case kelas diatas, namanya Impossible Table yang menggunakan prinsip Tensegrity.

Tensegrity Model by Austin Steingrube in Thingiverse.com

Model diatas dicetak dalam waktu cepat lho. kamu udah bisa belajar Tensegrity di kelas dengan lebih komprehensif dan pemahamanmu tentang tensegrity juga pasti lebih dalam karena ini projek DIY (Do It Yourself).

Yoink!

Process Parameter

  • Infill : 20%
  • Material : Red Maroon and White PLA
  • Line Height : 0.2
  • Weight : 68 gram (2 sets)

Dengan teknologi 3d printing, membuat model untuk kegiatan kelas bakal semudah kamu download file di internet, lalu tekan print di 3d printermu.

Tunggu 1 jam, model yang bisa dipegang, bisa warna warni, dan yang terpenting, bisa kamu rakit sendiri bisa selesai dengan cepatnya.

3d print mahal? Nggak juga, kalau sekolah kamu punya 3d print sendiri buat 2 struktur diatas cuman makan material 68 gram saja.

Dengan harga material yang dibandrol Rp 150.000 – Rp 200.000 kelas kamu cuman bakal kena biaya 10 rb doang!

Dengan 3d print, mengunyah materi berat seperti Tensegrity pasti bakal lebih mudah jadinya. Selain struktur simpel seperti impossible table diatas, Aplikasi Tensegrity seperti Kurilpa Bridge juga bisa dibuat model miniaturnya dengan 3d printing lho.

Largest Tensegrity Structure in the World, Kurilpa Bridge, Brisbane, Australia

Conclusion

Sudah lihat kan bagaimana bergunanya 3D Printing untuk kegiatan edukasi? Banyak pintu pengetahuan yang bisa dibuka dengan 3d printing. Seperti pada dunia arkeologi, kamu bisa mencetak artefak sejarah yang tidak mungkin kamu sentuh secara langsung.

Di dunia pendidikan kedokteran pembuatan model anatomi tubuh dapat dibuat dengan lebih cepat, murah dan akurat dibanding model plastik biasa. Intinya 3D Printing udah paling asoy dah untuk akselerasi edukasi di negeri ini!

Sekian artikel singkat dari Tridiku ya! Kalau kamu memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan, bisa dimasukkan ke kolom komentar dibawah ya!

Tridiku selalu siap untuk membantu kamu dalam kebutuhan kamu akan teknologi 3d printing. terima kasih, semoga kamu dan keluarga tetap sehat, cheerio!

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!