3D Design Software untuk 3D Printer: gratis atau bayar, buat pemula atau buat ekspert, yang jelas, yang paling cocok buat kamyu

oh the stuffs you can make with 3d design software (Autodesk Inventor website)

Halo! Selamat datang di Tridiku.com! hari ini Tridiku mau membantu kalian untuk memilih 3D Design Software yang cocok untuk kalian pakai ke 3D Printer.

kamu kamu yang baca artikel ini dan bingung dan punya pertanyaan kayak

“3D Design Software yang cocok buat aku apa ya?”
“Ada yang gratis gak sih?”
“Susah gak sih Design 3D?”
“Gw Sultan sih, gasuka yang gratis, yang paling mahal apa?” (duh duh duh duh)

tenang, semuanya akan kejawab di artikel ini.

Tridiku akan membantu kalian memilih Desain 3D yang paling cocok buat kamu dengan cara membandingkan berbagai macam 3D Design Software.

Kenapa harus pilih pilih dengan tepat? karena 3D Design Software itu macem – macem tipe dan kegunaan idealnya, kayak kendaraan pribadi.

Gimana maksudnya? gini, kamu ga mungkin pakai mobil Ferrari untuk ngangkut 20 karung semen untuk bangun rumahmu di kampung kan?

bukannya gak bisa sih, tapi ngangkut 20 karung semen ke kampung kan ga ideal, dengan artian boros bensin, sama kemungkinan Ferrari kamu rusak di perjalanan.

atau misalnya kamu mau kerumah pacarmu nih, mau sungkeman sama orang tuanya, terus kamu ke sananya pake Dump Truck dengan alasan karena biar bisa bawa banyak sodara di belakang.

udah orang tuanya pacar kamu pasti melongo sambil rahang jatoh kebawah pas kamu datengin (dan ada kemungkinan dibatalin juga sungkemannya karena kamu dikira gila), ada kemungkinan juga jalanannya rusak pas kamu lewatin (bukan Dump Trucknya yang rusak, It is Dump Truck BRO!), terus kena denda deh :-P.

begitu juga 3D Design Software bro, ada spesialisasinya, misalkan kamu mau buat desain Tractor yang ada part bergeraknya kayak foto diatas, tapi kamu pake 3D Design Software yang ditujukan untuk penggunaan pemula, ya ga ku ku bro! atau kamu coba buat gantungan kunci kotak tapi pake software ratusan juta, ya mending ratusan juta itu buat aing aja bro! (gw pake buat bagi bagi Face Shield kok tenang aje :))

dont be that guy (me.me)

Nah, hal yang bakal dibandingkan dari 3D Design Software ini adalah mengenai harga 3D Design Software tersebut, tingkat kesulitan untuk bisa menggunakan 3D Design Software, dan 3D Design Software ini cocok untuk 3D Print atau nggak.

adapun nih, 3D Design Software yang akan di mention di artikel ini adalah :

  • TinkerCAD
  • Blender
  • Fusion 360
  • Inventor
  • SketchUp
  • SolidWorks
  • CATIA

jadi mari kita mulai saza sodara sodara, perbandingan antara 7 3D Design Software ini, cekidot

TinkerCAD

Contoh mendesign dengan Autodesk Inventor by Youtube : MatterHacker

TinkerCAD adalah produk dari Autodesk, perusahaan yang sudah lalu lalang dalam dunia 3D. sesuai dengan apa yang di pajang di websitenya “From Mind to Design in Minutes” TinkerCAD adalah suatu software yang dibuat sebagai gateway software (bukan gateway drugs ya) dari produk produk Autodesk yang lain.

TinkerCAD sangat asik untuk digunakan buat kamu yang baru belajar Design 3D tapi mau langsung terjun ke dunia 3D Printing karena software ini compatible sama format desain 3D, dan pengoperasiannya EZ parah boi (beberapa model geometri sederhana di drag and drop cui). ada beberapa nilai plus lainnya yang bisa didapat kalau kamu menggunakan TinkerCAD yaitu : GRATIS, dan ini Browser Based, jadi gausah install install program di komputer kamu.

Tinker CAD, seperti beberapa saudara seibunya nggak terlalu cocok untuk kamu yang suka buat design organik (benda benda hidup macam pohon, dengan ratusan lembar daun didalamnya). selain itu karena sifatnya yang hanyalah sebagai gateway software beberapa benda kompleks non organik pun akan susah dibuat dengan TinkerCAD karena keterbatasan fitur yang ada didalamnya.

PROS : Gratis, Browser Based, Beginner Friendly, compatible for 3D Printing, easy to use

CONS : not suitable for Organic Modelling and complex inorganic design, dependent pada internet

Suitable for you who :
males install install program, baru pertama kali belajar 3d design, gamau keluar duit sama sekali buat software, punya koneksi internet ga pernah putus.

Blender

3D Sculpting in Blender by Youtube : YanSculpts

“Blender is Open source 3D creation. Free to use for any purpose, forever.”, suangar!

kalimat tersebut adalah apa yang bakal kamu temui di blender.org, website resmi dari 3D Design software blender.

Blender, bukan juicer (hehe) adalah suatu 3D Design software yang diperuntukkan untuk kamu yang mau buat model 3D yang organik dan berbau bau seni. design yang kamu buat disini bisa suka suka kamu banget, mau non manifold, zero thickness, absurd maksimal juga ayo ayo aja. 3D Sculpting juga cocok dilaksanakan dengan Blender.

Yang jadi masalah adalah biasanya hasil design 3D Dari blender ini ga cocok buat dipakai sebagai precise parts dan agak sulit untuk di 3D Print. but, all in all, Blender is a good, free, wholesome software as compared to other free 3D modelling software.

PROS : gratis, open sourced, organic design friendly, Beginner kind of easy to use

CONS : kinda hard to integrate into 3D Printing, not suitable for precise part designing

Suitable for you who :
suka buat pohon, hewan, dan mahluk mahluk jagat raya lainnya, suka buat figurin anime, artsy fellows gitu lah, maker 3d print yang rela repair desain biar bisa di 3D Print.

official website of Blender

SketchUp

Beginner Tutorial for SketchUp by Youtube : MasterSketchUp

SketchUp adalah suatu 3d design software milik Trimble yang biasanya digunakan oleh kamu kamu yang bergerak di bidang arsitektur, desain interior, perencanaan kota, dan konstruksi. kamu bisa buat berbagai macam struktur bangunan dengan sangat mudah dengan 3d design software ini.

bisa gratis, mudah digunakan, salah satu software terbaik untuk visualisasi 3 dimensi, dan berpotensi luar biasa software ini memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk berevolusi menjadi kontributor, sehingga software ini bertambah fiturnya.

salah satu project di SketchUp 3D Warehouse by Mike Brestel

yang menjadi masalah dari software ini adalah file yang keluar dari versi vanilla SketchUp (belom ditambah dicampur diaduk tambahan dlc apapun) kurang compatible dan support untuk di 3D Print.

ini dikarenakan 2 hal, satu, format .stl yang merupakan format sejuta umatnya pengguna 3D Printer nggak ada di software ini, ini bisa di sliding tackle dengan ekstensi “SketchUp STL” sih tapi ya kamu harus ingat untuk download dan install ekstensinya dulu sebelum kamu save itu file 3D.

yang kedua, sekalipun file tersebut sudah di format ke .stl terkadang file ini juga gabisa di 3d print.

Bukan karena nggak kebaca di mesin 3d printernya, tapi karena kalau di print hasilnya bakal amboeraoel acackadoel. Hal ini pun bisa di repair lewat kerjasama antara SketchUpdengan Materialise, perusahaan yang salah satu lini bisnisnya adalah reparasi desain 3D lewat software Magics.

but, kembali lagi, ini ga ada di versi Vanillanya SketchUp jadi kamu harus ingat untuk repair kalau ada masalah selama di 3D Print.

PROS : salah satu software 3D paling mantep untuk visualisasi, cocok untuk buat struktur bangunan, bersih dan simpel, nggak banyak fitur yang sulit digunakan, Free for personal use, Beginner Kind of Easy to use.

CONS : versi vanilla kurang asoy buat 3D print perlu karena banyak extension agar bisa compatible, kurang cocok untuk desain produk permesinan, dan karena memang namanya juga “SketchUp” ya untuk detailing sampai ke milimeter agak susah

Suitable for you who : mahasiswa atau dosen rumpun ilmu bangunan dan perencanaan wilayah, yang suka software gratis atau yang agak murah, suka desain cepat, dan juga paham bagaimana cara ubah desain ke format yang mudah di 3D Print.

Fusion 360

“Fusion 360 is a Next Generation tool for The Next Generation” -Fusion 360 team

Step by Step Fusion360 untuk 3D Printing by Youtube : Product Design Online

Fusion 360 sangat baik digunakan untuk kamu yang semi professional di dunia 3D Design dan 3D Printing, ini dikarenakan 4 hal :

  1. support berbagai macam tipe 3D Modelling seperti solid, freeform surface, atau mesh modelling
  2. cloud based
  3. fitur cukup (3D Modelling, 3D Animation & Rendering, Simulation) dan diupdate secara berkala, sehigga program kamu ga bakal ketinggalan jaman
  4. desain yang keluar dari Fusion 360 ini umumnya compatible untuk di 3D print
Designing in Fusion 360

selain itu untuk kamu yang baru mau belajar 3d design ternyata masih ada keunggulan lain yang didapat dari Fusion 360 yaitu opsi GRATIS kalau kamu mahasiswa atau pengajar.

Fusion 360 adalah salah satu 3d design software favorit dari pemilik 3D Printer karena keunggulan keunggulan tersebut.

PROS : free kalau kamu mahasiswa dan pengajar, cloud based sehingga mudah berbagi design, penyimpanan proses yang lengkap, fitur cukup, 3d print compatible, mantap kalau kamu suka dan sering design permesinan dan benda inorganik

CONS : berbayar kalau kamu semi professional (125 – 495 Dollar Amerika / tahun ), terbatas dalam fitur desain organik, dan karena cloud based keterbatasan pada koneksi internet bisa menghambat penggunaan, kurang artsy.

Suitable for you who : adalah pelajar atau pengajar di bidang desain produk engineering, butuh software design yang cukup powerful, suka software gratis, dan memiliki koneksi internet yang tidak pernah putush2

Inventor

Beginner Tutorial for Autodesk Inventor by Youtube : CAD CAM TUTORIAL

ah, Inventor, kesayangan Tridiku :). Autodesk Inventor adalah Big Guy’s 3D Design Software dari, you guess it, Autodesk.

Autodesk Inventor adalah 3D Design Software yang lengkap (Solid Mechanical Design, Simulasi, Visualisasi, Dokumentasi), powerful, presisi, dan sangat cocok untuk prototyping mesin, komponen mekanika, dan permesinan.

Selain itu fitur fitur yang ada pada Autodesk Inventor jauh lebih lengkap dibanding adik adiknya yaitu TinkerCAD dan Fusion 360.

sebagai lawan utama dari SolidWorks dan CATIA Autodesk Inventor memanjakan kamu dengan kemampuan untuk mendesain banyak sekali mesin, dan ya, MESIN, bukan komponen mesinnya.

Tridiku sendiri menggunakan Autodesk Inventor untuk mendevelop semua mesin 3D Printer yang dibuat oleh Tridiku, mulai dari Tridiku Cartesian v1.0, Cartesian v1.1, Delta 1.0, dan Argonaut. selain itu juga file yang dikeluarkan dari Inventor biasanya sudah compatible untuk di 3D Print, Tridiku selama ini tidak pernah ada masalah dalam perihal file 3D Design untuk di 3D Print dari Inventor.

Hasil Rendering Tridiku Argonaut dengan Autodesk Inventor

software ini buat kamu para Sultan yang mau belajar buat desain mobil custom tercocok buat kamu sendiri, dan kamu harus siap siap rogoh kocek agak dalam untuk dapetin versi original dari Autodesk Inventor ini.

biaya yang di patok pada tahun 2020 adalah 260 Dollar Amerika (Rp 4,022,785), PER BULANNYA atau kalau kamu udah siap banget dan niat banget mau buat berbagai macam jenis Mobil ya pakai paket 3 tahunan aja, cuman 5630 Dollar Amerika (Rp 87,125,657) doang kok.

tapi seperti yang sudah sudah, kalau kamu pelajar atau pengajar yang mau menyebarkan kreatifitas ke seluruh penjuru dunia, Moumantai la~.

Autodesk memberikan Free Trial untuk cicip cicip segala fitur yang ada selama 1 bulan, dan kalau kamu memang cocok bet sama Inventor maka sesuai dengan Autodesk’s term of service kamu berhak atas 3 tahun penggunaan software versi lengkapnya.

PROS : fitur lengkap, hasil projek detil, bisa modelling, visualisasi, simulasi, bisa digunakan tanpa jaringan internet (walau dengan internet bakal lebih powerful), suitable for 3D Printing, one of the best Industrial 3D Design Software

CONS : relatif lebih mahal dibanding 3d design software lain, learning curvesnya (perlu banyak banyak belajar) curam, butuh kemampuan engineering yang advanced, hanya bisa memunculkan potensi terbaiknya dengan komputer yang powerful juga, kurang cocok untuk desain organik.

Suitable for you who : adalah sultan atau anak sultan kerajaan kecil, punya komputer bagus, ambisius mau bikin, simulasi, dan visualisasi mesin sendiri, dan punya kemampuan engineering dan 3D modelling yang baik. atau professional yang bekerja sebagai staff atau tenaga lepas perusahaan yang membutuhkan kemampuan desain mesin dan permesinan canggih.

SolidWorks

SolidWorks Tutorial by Youtube : SolidWorks Tutorial

SolidWorks adalah saingan berat dari Autodesk Inventor. software yang di develop oleh Dassault Systèmes (3DS) ini menggabungkan fitur CAD (Computer Aided Drawing), CAE (Computer Aided Engineering) dan CAM (Computer Aided Manufacturing).

SolidWorks adalah salah satu program yang digunakan di berbagai macam industri dan menurut developernya digunakan oleh 2 juta Engineer dan 165.000 perusahaan di seluruh dunia.

Komunitas SolidWorks adalah salah satu alasan memilih 3d design software ini dibanding yang lain. selain itu berdasarkan pengalaman dan pendapat orang SolidWorks lebih mudah untuk digunakan dibandingkan Autodesk Inventor.

SolidWorks dibuat untuk mendesign 3D di berbagai macam industri, mulai dari aerospace, automotive, shipbuilding, industrial equipment, dan arsitektur.

Cocok digunakan untuk Reverse Engineering, dan berbeda dengan 3D Design Software yang lain SolidWorks dilengkapi dengan sistem NURBS, sehingga saat membuat kurvatur bisa sangat detil. SolidWorks adalah salah satu 3D Design Software untuk kelas Industrial terbaik di dunia.

walaupun SolidWorks sudah support untuk file 3D Printing, namun agar file .stl dari SolidWorks bisa di 3D Print dengan Smoov, harus ada software seperti Magics, NetFABB, atau Solid View untuk dapat mencapai kualitas sempurna dari hasil 3D Printing.

seperti Inventor “ada uang ada rupa pula”, SolidWorks diperuntukkan untuk kamu kamu para Sultan yang siap merogoh kocek paling sedikit 4000 Dollar Amerika (62 Juta Rupiah, April 2020) untuk lisensi standard dan tambahan 1295 Dollar Amerika (Rp 20,048,866, April 2020) sebagai biaya maintenance tahunan.

Biaya ini bisa melonjak sampai 8000 Dollar Amerika (124 Juta Rupiah, April 2020) dan 2000 Dollar Amerika (31 Juta Rupiah, April 2020) sebagai biaya maintenance tahunan.

What You Can Do With SolidWorks by Youtube : CAD CAM TUTORIAL

PROS : fitur lengkap, hasil proyek detil, untuk membuat kurvatur lebih baik dari 3D Design Software lain, perpustakaan parts yang dalam dan luas, according to engineers : easy to use

CONS : Mahal, membutuhkan komputer yang sama powerful dengan software untuk mendapatkan hasil terbaik, sering crash, tidak terlalu kompatibel terhadap 3d printing, kurang cocok untuk desain organik.

Suitable for you who : adalah sultan atau anak sultan kerajaan kecil, punya komputer bagus, ambisius mau bikin, simulasi, dan visualisasi mesin sendiri, dan punya kemampuan engineering dan 3D modelling yang baik. atau professional yang bekerja sebagai staff atau tenaga lepas perusahaan yang membutuhkan kemampuan desain mesin dan permesinan canggih.

CATIA

Catias Catia xDesign salah satu pengembangan versi Web dari software Catia oleh Youtube : 3DS_Catia

“Legend has it that the mighty CATIA (Computer Aided Three-Dimensional Interactive Application) was forged by Dassault Systèmes to develop their Aviation Design.”

kalimat ini sebenernya udah cukup menjelaskan sih CATIA ini kayak apa. kalau SolidWorks dan Autodesk Inventor ini diandaikan sebagai ‘Big Guy’s 3D Design Software”, then CATIA ini bisa diandaikan kayak “Godzilla Class 3D Design Software”.

Beberapa orang menyatakan CATIA sebagai salah satu 3D Design Software dengan Surface Modelling terbaik.

Customer dari CATIA sendiri adalah perusahaan perusahaan besar yang kapabilitasnya udah bukan buat komponen mesin atau mesinnnya lagi, tapi buat sistem pabrik buat bikin mesinnya. contoh customer dari CATIA sendiri adalah GMF atau Garuda Maintenance Facility, PT yang bergerak di bidang perbaikan pesawat terbang milik Garuda Indonesia.

CATIA, seperti Autodesk Inventor dan SolidWorks menggabungkan CAD, CAM, dan CAE dengan tambahan fitur lainnya yang tidak sedikit. CATIA sangat cocok digunakan untuk kamu yang butuh Software powerful yang bisa kamu pake untuk desain benda detil, dengan skala besar, dan dengan banyak moving parts, kayak pabrik 3D Printer. ngebuat mesin dengan 4000an komponen dengan size satu part 500 MB bukan problem buat CATIA.

tapi harganya juga WoW sangat, denger denger di Internet sih harga standar dari CATIA dibandrol pada 11200 Dollar Amerika (Rp 173.465.600, April 2020) untuk satu lisensi dengan biaya maintenance tahunan sebesar 2000 Dollar (31 Juta Rupiah, April 2020).

Sampel Project dari Dassault Systèmes

PROS : salah satu fitur terlengkap, siap untuk pengerjaan desain 3D kelas berat, bisa untuk berbagai jenis industri, terutama Aviasi, tidak harus online untuk penggunaannya

CONS : termahal dari semua 3D Design Software yang ada artikel ini, rada ribet agar file bisa di 3D print, membeban berat pada PC / laptop kamu, TIDAK ADA FREE TRIAL, secara ekonomi hanya dapat di justifikasi untuk dipakai oleh perusahaan besar, modul 2 Dimensi tidak begitu powerful, “they’ll charge you for everything”.

Suitable For you who : adalah aspiring employee atau employee dari perusahaan gargantuan size yang bergerak di bidang Aviasi dan design pabrik, punya banyak uang, komputer bagus, dan merasa kalau beli software 11.200 dollar amerika adalah suatu investasi yang bagus. Sultan dan Anak Sultan kerajaan besar included.

Konklusi

panjang juga ya? Tridiku tau pasti ada beberapa dari kamu yang langsung skip kebawah untuk liat apa ada tabel perbandingan antara semua 3D Design Software ini. gak usah takut, gak usah pusing, kita bakal kasih tabel perbandingan dibawah ini. once again, cekidot!

Tabel Komparasi 3D Design Software

Jadi begitulah kawan kawan apa yang bisa disampaikan mengenai 3D Design Software. sebenernya masih banyak lagi 3D Design Software yang worthy of mention. Tapi itu mungkin bisa jadi bahan artikel selanjutnya. Tridiku rasa 7 software design ini sudah cukup untuk menjadi informasi untuk memilih 3D Design Software seperti apa yang kamu butuhkan. semoga bisa menjadi panduan kamu untuk memulai belajar 3D Software, semoga kamu juga makin asoy!

Tridiku mendesain gantungan kunci pakai Autodesk Inventor

sekian artikel tentang 3D Design Software untuk aplikasi 3D printer ini, kalau ada pertanyaan atau ada beberapa hal yang kamu rasa bisa didiskusikan monggo masukkan pikiran kamu ke kolom komen atau kontak kami di

WA : wa.me/6281384313353
IG : instagram.com/tridiku_3d
email : mandiriteknologibangsa@gmail.com

kami di Tridiku selalu siap untuk berdiskusi dan membantu kalian dalam lebih memahami dunia 3D Printing. Cheerio!

Kamu akan tertarik membaca artikel ini!

This Post Has One Comment

Leave a Reply

© TRIDIKU | Surabaya, Indonesia

Gedung Forensik. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya

Background from freepik.com

Daftar Sekarang untuk Memulai Bisnismu!

Kami tidak akan pernah menyebarkan informasi dan data diri anda

JANGAN LEWATKAN INFO MENARIK LAINNYA!